IBADAH MINGGU PAGI, 8 APRIL 2018 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi 8 April2018 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pnt. Ronal Tanamal dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab 2 Filipi 1-11 “Nasihat supaya bersatu dan merendahkan diri seperti Kristus”

Dalam kotbahnya Pnt. Ronal Tanamal mengatakan bahwa kita baru saja merayakan paskah pada minggu yang lalu dimana kita semua sadari bahwa oleh dosa dan kesalahan kitalah Yesus Kristus harus mati agar melalui kematian-Nya kita semua di bebaskan dari utang dosa dan terlepas dari kuk perhambaan akan kuasa dosa tersebut.

Pembacaan firman Tuhan saat ini sangat jelas menerangkan kepada kita semua dalam ayat 1 di sebutkan “ Jadi karena dalam Kristus ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan”.

Rasul Paulus menulis surat ini kepada jemaat di Pilipi saat itu karena kehidupan jemaat disana saat itu jauh dari kasih Kristus, mereka hidup dengan mementingkan diri sendiri dan tidak peduli dengan orang lain sehingga rasul Paulus menekankan kepada mereka untuk harus bersatu dan merendahkan diri sama seperti Kristus.


Hal ini bukanlah tanpa alasan bahwa rasul Paulus ingin agar jemaat di Filipi mencontohi apa yang telah dilakukan oleh Kristus bahwa Ia yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menggangap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, tetapi telah mengosongkan diri-Nya sendiri dan mengambil rupa seorang hamba dan menjadi sama dengan manusia bahkan harus menderita dan mati.

Kristus Tuhan kita telah memberikan teladan yang baik kepada kita bahwa di dalam Dia ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan, sehingga sebagai orang percaya kita harus saling menghibur dan mengasihi sesama kita dan itu yang di kehendaki oleh Dia untuk kita lakukan.

Diluar Yesus Kristus kita tidak akan merasahakan kedamaian dan kasih mesra serta belas kasihan karena yang dunia tawarkan adalah perseteruan dengan Allah serta salib Kristus. 

Kebenaran firman Tuhan mau menekankan kepada kita bahwa  setiap orang yang hidup di dalam Kristus pasti melakukan kasih dan berbelas kasihan terhadap sesama kita sama seperti yang telah dilakukan oleh-Nya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016