IBADAH MINGGU PAGI, 2 JULI 2017 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi, 2 Juli 2017 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pdt. J. Mbaubedari,S.Th dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Injil Markus 9:33-37 “Siapa yang terbesar di antara para murid”

Membuka kotbahnya Pdt.J. Mbaubedari mengatakan bahwa biasanya dalam dunia politik, bisnis dan juga pemerintahan bahkan juga dalam gereja saat ini ketika memasuki suatu masa pergantian pucuk kepemimpinan akan ada suatu usaha dalam bentuk suksesi maupun terjadi percakapan-percakapan siapa yang pantas menjadi pimpinan pada organisasi tersebut.

Pada saat ini karena pengaruh dari perhelatan politik dan pengaruh-pengaruh lainnya sehingga gereja juga terpengaruh untuk melakukan hal-hal yang di lakukan pada suksesi politik maupun organisasi massa lainnya yang berimbas pada pelayanan di dalam gereja termasuk juga pada sidang-sidang yang dilakukan baik di dalam jemaat, Klasis dan Sinode telah terjadi percakapan-percakapan atau diskusi-diskusi tentang siapa yang pantas menduduki jabatan tertinggi pada tingkatan Jemaat, Klasis dan Sinode dan hal-hal tersebut adalah hal yang nyata dan sedang terjadi di tengah-tengah kita saat ini.

Kembali pada Pembacaan firman Tuhan saat ini yang berbicara tentang “Siapa yang terbesar di antara para murid” yang juga sama artinya dengan siapa yang akan menjadi pemimpin diantara mereka dan inilah inti yang yang di pertentangkan oleh para murid dalam perjalanan mereka bersama dengan Yesus ke Betania.

Dapat di pastikan bahwa Simon Petrus adalah murid yang pasti mempentangakan soal siapa yang terbesar di antara para murid karena dia merasa bahwa dia paling tua dari mereka semua dan juga ketika terjadi permasalah dialah yang selalu tampil untuk membelah para murid, demikian juga ketika Yesus bertanya kepada para murid, Simon Petruslah yang biasanyamenjawab pertanyaan Yesus dan sering juga jawabannya asal di ucapkan dengan tidak memikirkan konsekwensi dari jawabanya tersebut.

Di samping Petrus ada juga murid lainnya yang lebih dekat dengan Yesus yang selalu bersama-sama dengan-Nya bahkan pada makan perjamuan terakhir Yesus dengan para murid-Nya dia duduk sangat dekat dengan-Nya dan juga yang bertanya kepada Yesus siapakah dia di antara para murid tersebut yang akan menyerakan Yesus kepada para pemimpin orang Yahudi untuk di bunuh.

Di ceritakan bahwa ketika Yesus dan murid-muridNya telah sampai di Kapernaum dan telah berada di dalam rumah, Dia bertanya kepada murid-muridNya apa yang kalian perbincangkan atau persoalkan tadi ketika masi di tengah jalan dan mereka menyadari bahwa Yesus telah tahu apa yang telah mereka pertentangkan tadi.

Dan Yesus mengatakan kepada para murid bahwa seperti tertulis dalam ayat 35 “Jika seorang ingin menjadi yang terdahulu, hendaklah ia menjadi yang terakhir dari semuanya dan pelayan dari semuanya”

Yesus mengatakan kepada para murid hal yang berbeda dengan apa yang mereka pikirkan dan pertentangkan tersebut bahwa yang mau menjadi pemimpin hendaklah menjadi yang terakhir dan pelayan. Dengan demikian Yesus memberikan pengajaran kepada para murid-Nya dan juga kita semua bahwa untuk menjadi pemimpin ada saatnya, tetapi yang paling utama adalah kita harus melakukan apa yang di inginkan oleh Yesus yakni merendahkan diri dan menjadi pelayan bagi sesama.

Kita tidak harus memaksakan kehendak kita agar Tuhan menyetujuinya tetapi biarlah segalah sesuatu terjadi sesuai dengan kehendak dan rancangan Tuhan.

Kebenaran firman Tuhan bagi kehidupan kita adalah bahwa kita harus melaksanakan tugas-tugas yang Tuhan berikan kepada kita baik di lingkungan tempat kita bekerja atau berkarya bahkan dalam keluarga dan berjemaat, kita harus setia dalam pekerjaan-pekerjaan kecil maka Tuhan akan memberikan tanggung jawab yang besar sebagai konsekwensi dari ketaatan kita tersebut. 

Ibadah juga diisi dengan kesaksian lagu oleh VG. PAR Siloam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016