IBADAH MINGGU PAGI 21 AGUSTUS 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah minggu pagi 21 agustus 2016 di GKI Siloam Sanoba Nabire  yang di pimpin oleh Pnt.O.Rumbiak dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Kejadian 2:8-17 “Manusia dan taman Eden”

Dalam kotbahnya Pnt.O.Rumbiak mengatakan bahwa jika kita melihat kembali pasal atau ayat-ayat sebelumnya menjelaskan kepada kita bahwa pada mulanya Allah menjadikan langit dan bumi dan bumi itu belum berbentuk dan kosong, gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang diatas permukaan air. (Kejadian 1:1 dan 2)

Dan untuk mengisi kekosongan bumi ini Allah harus bekerja selama enam hari lamanya atau yang lebih kita kenal sebagai enam hari penciptaan dengan urutan penciptaan adalah hari pertama di ciptakan terang, hari kedua cakrawala, hari ketiga laut dan darat, hari ke empat matahari, bulan dan bintang, hari ke lima unggas di darat dan ikan di laut dan hari ke enam Allah menciptakan binatang di darat dan manusia.

Allah membentuk manusia dari debuh tanah dan menghembuskan nafas kehidupan kepadanya sehingga manusia menjadi makhluk hidup, dialah Adam.

Setelah Allah menciptakan manusia, Dia menyiapkan kebutuhan hidup manusia yaitu kebutuhan jasmani dan rohani. Kebutuhan jasmani manusia adalah tempat tinggal, teman hidup, tugas dan tanggung jawab. Setelah itu Allah menempatkan manusia di taman Eden.

Taman Eden adalah tempat yang ideal, indah dan penuh dengan kedamaian serta tempat manusia hidup dalam keselamatan karena ada damai, suka cita dan tidak kekurangan suatu apapun serta hidup dalam keakrapan dan ketaatan dengan Allah.

Dalam taman Eden Allah menyediakan berbagai pohon yang menghasilkan buah sebagai makanan manusia dan juga pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat serta sungai yang bercabang empat yang mengalir dan membasahi taman itu yang juga terdapat hasil tambang yang melimpah.

Allahpun tidak menempatkan manusia seorang diri di taman Eden, tetapi Dia menyiapkan teman hidup bagi Adam dengan membuatnya tidur nyenyak lalu mengambil  salah satu tulang rusuk sebelah kiri dan menjadikannya pasangan atau penolong yang sepadan bagi Adam yakni Hawa.
Manusia juga di beri tanggung jawab oleh Allah untuk mengusahakan dan merawat taman Eden.

Kebutuhan rohani yang di siapkan Allah terhadap manusia bahwa manusia hidup bergaul dengan Allah, manusia dapat melihat Allah serta berbicara dengan Dia karena manusia hidup dalam kesucian.

Kesuburan Eden dan harta benda yang berada di atasnya merupakan jaminan dari Allah bagi kelangsungan hidup manusia untuk menjaga, memelihara dan memanfaatkannya.

Akan tetapi manusia mengingkari janji Allah bahwa semua pohon dalam taman Eden bolehlah di makan tetapi tentang pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat janganlah engkau memakannya sebab pada saat engkau memakannya pastilah engakau mati.

Yang di lakukan oleh manusia adalah justru menyalahgunakan kebebasan dan melanggar perintah Allah dengan memakan buah pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat yang seharusnya jangan mereka memakannya karena Allah telah melarang nya, sehingga menusia harus terbuang keluar dari taman Eden dan terdapat jurang dosa yang memisahkan manusia dengan Allah serta manusia mati secara rohani karena tidak dapat berbicara dan melihat Allah secara langsung.

Kebenaran firman Tuhan mau mengajarkan kepada kita masing-masing bahwa rancangan Allah bagi manusia selalu indah dan penuh dengan damai sejahtera tetapi kecenderungan hati manusia yang selalu menyangsikan atau memberontak terhadap  perintah Allah membuat manusia harus terbuang jauh dari hadirat Allah serta menempatkan celah bagi dosa untuk masuk dalam kehidupan manusia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016